RSS

Hak dan kewajiban warga negara menurut pasal 28b

25 Feb

Pasal 28B

(1) Setiap orang berhak membentuk keluarga dan melanjutkan keturunan melalui perkawinan
yang sah.
(2) Setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh, dan berkembang serta berhak atas

perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Tentang hak dan kewajiban seorang warga Negara didalam  pasal 28 B ayat 1 dan 2

Ayat 1

menjelaskan bahwa setiap orang mempunyai hak untuk menjalani pernikahan, membentuk keluarga, mempunyai anak, dll melalui perkawinan yang sah.

Apa yang dimaksud dengan perkawinan yang sah?? Perkawinan yang sah ini tentu saja perkawinan yang sah secara hukum maupun secara agama. Tidak hanya perkawinan yang sah secara agama saja, tetapi juga perkawinan tersebut harus terdaftar di KUA setempat. Mengapa sebuah perkawinan tersebut harus sah secara hukum dan secara agama??tentu  perkawinan yang sah secara agama itu saja sudah cukup, karena di mata ALLAH SWT tentu saja si pria dan si wanita sudah merupakan seorang suami istri, tapi tidak jarang juga perkawinan yang sah secara agam saja ini dipergunakan atau dimanfaatkan oleh kebanyakan orang hanya untuk pemuas nafsunya saja agar mereka terhindar dari apa yang dinamakan zinah. Tentu saja tidak ada yang melarang seseorang untuk melakukan pernikahan dengan cara ini, tetapi alangkah baiknya jika pernikahan yang dilakukan diawali dengan niat yang baik.

Lalu apa manfaat jika kita melangsungkan pernikahan secara hukum dan agama?? Tentu saja semua manfaat dan keuntungan dsb ada pada si wanita, karena hak-haknya sebagai seorang istri lebih terlindungi oleh hukum, sangat berbeda sekali dengan orang yang melangsungkan pernikahan yang hanya sah secara agama saja atau mungkin biasa kita sebut dengan nikah sirih, pernikahan yang dilakukan hanya sebatas melakukan ijab dan qobul saja..

Di dalam pernikahan seorang suami mempunyai kewajiban-kewajiban yang harus dipenuhi kepada sang istri, kepada keluarga. Apa kewajiban-kewajiban tersebut? Kewajiban tersebut diantaranya tentu saja memberikan nafkah yang layak bagi si istri dan keluarga dan dapat melindungi si istri tersebut, melindungi keluarganya, melindungi keutuhan rumah tangganya

Ayat 2 dari pasal 28 B

Tentang hak dan kewajiban Didalam pasal 28b ayat 2 tersebut sudah sangat jelas sekali diuaraikan tentang apa yang menjadi hak-hak dari seorang anak. Bahwa sudah menjadi hak bagi seorang anak untuk mendapatkan kasih sayang, mendapatkan kehidupan yang layak, mendapatkan pendidikan, dan mendapatkan perlindungan dari orang tuanya. Lalu kewajiban bagi si orang tua tentu saja dengan memenuhi semua kebutuhan-kebutuhan dari si anak tersebut, memberikan hak-hak dari si anak tersebut.

Seorang anak itu adalah merupakan karunia dari sang pencipta, anak adalah titipan dari yang maha kuasa, ia adalah anugerah. Banyak sekali pasangan suami istri yang sangat mendambakan kehadiran seorang anak di tengah-tengah kehidupan rumah tangganya. Bahkan berbagai carapun mungkin rela mereka tempuh demi memperoleh sang buah hati tersebut, bahkan hingga mengeluarkan uang ratusan juta rupiah. Tapi tidak jarang juga kita lihat ada seseorang yang tega menyia-nyiakan anak yang mereka punya. Ada seorang wanita yang rela membuang bayi yang baru dilahirkannya, ada seorang ayah yang tega memukuli anaknya hingga luka bahkan hingga sang anak kehilangan nyawanya.

Hal-hal ini tentu saja sangat tidak sesuai dengan isi dari pasal 28 B ayat 2 ini , pencerminan dari pasal tersebut sama sekali tidak tampak di dalam kehidupn akhir-akhir ini. Seorang anak yang seharusnya diberikan perlindungan oleh orang tuanya tidak jarang juga malah dijadikan sebagai objek kekerasan. Sungguh sangat disayangkan sekali bagi orang tua yang memperlakukan anaknya seperti itu.

 
Leave a comment

Posted by on February 25, 2011 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: