RSS

Pentingnya Pembelajaran Berbahasa Inggris Sedari Dini

07 May

Sekilas bila kita pernah berbicara dengan orang-orang asing baik secara langsung maupun tidak langsung kita akan mengetahui betapa fasihnya bahasa Inggris mereka meski mereka bukan berasal dari Negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa nasionalnya. Dan satu hal lagi. Guess what?? Mungkin ia masih duduk di bangku junior high school atau senior high school, tetapi mereka sudah bisa berbicara dalam bahasa Inggris dengan sangat fasih sekali, melakukan conversation dengan sangat baik dan lancar.

Aku pernah menanyakan akan hal ini kepada temanku dan dia menjawab. “In Indonesia…mother language (which called bahasa)is the first language. but at the other country,mother language is the second one besides english. that’s why indonesian couldn’t speak english well”.

Mungkin bila suatu saat nanti kita mempunyai anak kita bisa menekankan pembelajaran bahasa Inggris sedari dini kepada anak kita. English kita prioritaskan dengan tidak mengenyampingkan juga bahasa nasional kita. Kadang orang-orang kita itu masih suka termakan oleh adat dan tradisi. Bandingkan saja, coba lihat sekeliling kita , para mahasiswa, pelajar sma, atau smp masih jarag yang tidak bisa dalam berbahasa Inggris. Yang lebih mirisnya lagi mungkin jika orang tersebut telah duduk di bangku perkuliahan dan ia tidak bisa berbahasa inggris, bahkan takut jika mendapatkan mata kuliah tsb. Saya banyak menemukan orang-orang yang sepert itu.

Jangan kita bandingkan remaja-remaja kita dengan remaja-remaja di Jerman, Italy, Austria, Portugal, dan Rumania. Saya ingin membandingkan dengan Negara tetangga kita saja seperti Thailand dan Fillipina, jika kita melakukan head to head dengan kedua Negara tetangga kita tersebut coba piker siapa yang lebih unggul? Dari segi SDM?atau SDA?.. Tetapi coba kital irik hal yang sangat membuat saya menjadi sangat miris sekali, remaja-remaja dikedua Negara tersebut bisa menggunakan bahasa inggris dengan sangat baik sekali walau ia masih duduk dibangku sma atau smp tetapi mereka sudah dapat melakukan conversation dengan sangat baik. And guess what!!!! tidak hanya conversation! Tetapi lidah-lidah merekapun hampir sama dengan lidah orang-orang Eropa.

Oleh karna itu saya ingin menghimbau mari kita tekankan penggunaan bahasa inggris. Mungkin hal ini bisa dimulai didalam lingkungan keluarga. Kita bisa lihat bahwa syarat yang diberikan oleh perusahaan-perusahaan bagi si calon pelamar kerja yaitu bisa berbahasa Inggris, baik pasif maupun aktif. Bila kita bisa berbahasa Inggris dengan sangat lancar baik pasif maupun aktif , itu akan menjadi nilai lebih bagi diri kita sendiri.

 
Leave a comment

Posted by on May 7, 2011 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: