RSS

Renungan

12 May

Kadang didalam kehidupan ini kita tidak selalu mendapatkan apa yang kita inginkan, hal-hal yang kita harapkan kebanyakan tidak menjadi kenyataan tidak menjadi seperti apa yang ada di dalam angan-angan kita. Didalam situasi ini pula biasanya seorang manusia menyalahkan sang pencipta .” ya ALLAH ya TUHANKU mengapa engkau begitu jahat sekali kepadaku? Hingga engkau memberikan ini semua kepadaku? Ya ALLAH ya TUHANKU aku selalu hidup sesuai aturan menjalani kewajibanku padamu tetapi mengapa engkau memberikan hal ini kepadaku ya ALLAH? Tetapi mereka yang aku anggap jahat yang hidup semau mereka dan selalu melakukan maksiat mengapa engkau memberikan nikmatmu kepadanya?”.

Hal inilah yang biasanya terjadi dikebanyakan orang. Kita semua pasti sudah mengetahuinya bahwa ALLAH punya cara tersendiri untuk menaikkan derajat hamba-hambanya, ibaratnya seperti kita jika ingin naik kelas sudah pasti kita harus melewatu ujian terlebih dahulu. Sang pencipta juga sudah pasti tahu dimana batas kemampuan kita dengan memberikan ujian yang tidak melebihi kemampuan kita. Jadi bagaimanakah seharusnya kita menyikapi ini semua?
ALLAH itu sangat sayang sekali dengan hamba-hambanya yang taat kepadanya. ALLAH sellau memberikan nikmatnya kepada mereka memberiikan nikmat dengan cara yang tidak terduga, tanpa kita sadari mungkin setiap detik, setiap menit, dan setiap jam nikmat ALLAH selalu berada disekeliling kita yang menjadi persoalannya bagaimana cara kita mesyukuri nkmat tersebut. Didalam menjalani ujian yang ALLAH berikan kepada kita, marilah kita jalani dengan hati yang ikhlas. Kita jalani dengan percaya bahwa ALLAH selalu ada didekat kita.

Terkadang kita selalu mengeluh tentang betapa jahatnya ALLAH atas segala keadaan yang kita terima, atas segala masalah yang kita hadapi, atas segala harapan yang pupus. Begini, ALLAH itu maha mengetahui. Seperti yang saya bilang bahwa ALLAH itu sangat saying sekali dengan hamba-hambanya yang beriman. Contohnya saya, sudah tidak terkira sekali nikmat dan karunia ALLAH yang telah diberikan kepada saya. Jika boleh dibilang saya belum bisa dibilang sebagai hamba ALLAH yang benar-benar taat, saya masih selalu menunda-nunda waktu sholat, terkadang saya masih tidak bisa menjaga pandangan mata saya dari apa yang diharamkan, saya juga terkadang tidak bisa mengontrol emosi saya, mulut saya untuk membicarakan hal yang tidak-tidak. Tetapi ALLAH masih saying kepada saya dengan memberkan segala macam nikmatnya.

Terkadang ALLAH itu memberikan kegagalan kepada kita karena ALLAH itu tahu akan kemampuan kita, akan kapasitas kita. Bahwa kita bisa melebihi itu, oleh karena itu ALLAH SWT menyadarkan kita dengan memberikan kegagalan agar kita berusaha lebih dan lebih lagi dari apa yang kita telah usahakan sebelumnya. Lalu mengapa ALLAH juga terkadang tidak selalu memberikan apa yang kita inginkan? Seperti yang tadi saya bilang bahwa ALLAH sangat menyayangi sekali hamba-hambanya yang taat, beriman dab beramal soleh kepadanya. ALLAH selalu tahu mana hal yang akan membawa kebaikan bagi kita dan mana hal yang membawa keburukan bagi kita. Jadi mari kita tingkatkan ibadah kita kepada Tuhan yang maha esa, dan percaya bahwa semua yang kita jalani in adalah kehendaknya. Semua yang kita jalani ini adalah merupakan yang terbaik buat kita.

 
Leave a comment

Posted by on May 12, 2011 in Uncategorized

 

Leave a Reply

 
