RSS

Desain komunikasi visual dan perilaku konsumen

14 Oct

NIRMANA Vol. 2, No. 2, Juli 2000: 84 – 91
Jurusan Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain –Universitas Kristen Petra
DESAIN KOMUNIKASI VISUAL DAN PERILAKU
KONSUMEN
Bagus Limandoko
Dosen Jurusan Desain Komunikasi Visual
Fakultas Seni dan Desain – Universitas Kristen Petra

ABSTRAK
Desain merupakan sebuah kata dengan banyak makna. Dalam konteks komunikasi visual,
‘desain’ sudah menjadi bagian dari tim dalam industri komunikasi. Dunia advertising, publikasi
majalah dan suratkabar, pemasaran dan public relations, dan yang pasti ‘desain’ juga sudah
menjadi salah satu aspek yang berpengaruh dalam membentuk perilaku suatu masyarakat dan
perkembangan ekonominya.
Kata kunci: desain, desainer, desain komunikasi visual, perilaku, konsumen.
ABSTRACT
The word ‘design’ is a word with different meanings. In the visual communication context it
has became part of the team in the communication industry – the world of advertising, magazine
and newspaper publishing, marketing and public relations, and, indeed, it has became one of the
influential aspects to shape the behavior of a society and its economic development.
Keywords: design, designer, visual communication design, behavior, consumer
PENDAHULUAN
Sebelum masuk lebih jauh, perlu dimengerti dulu arti kata ‘desain’ karena ada
semacam kesulitan dalam menggunakan kata ‘desain’ untuk mengacu kepada suatu
kegiatan yang cukup luas artinya, baik itu berupa hasil dari sebuah keputusan desain
ataupun aktivitas mendesainnya sendiri. Penjelasan dari kamuspun terbatas artinya; pada
kenyataannya kata ‘desain’ juga diterapkan terhadap produk dari rencana yang ada dalam
pikiran, bukan hanya berupa satu set gambar atau instruksi teknis lainnya, tapi juga hasil
berupa produk sesungguhnya.
Hal ini tentu membingungkan. Kebingungan itu akan semakin akut jika kata
‘desain’ digunakan tanpa mengacu kepada konteks yang lebih spesifik, mudahnya,
sebagai ungkapan umum dari setiap situasi dimana adaptasi arti terjadi dari sebuah
kecenderungan abstrak – walaupun ‘mendesain’ jelas berbeda dengan ‘membuat’ ataupun
aktivitas lain yang bersifat spontan.
Di dunia Barat ada ungkapan bahwa ‘setiap orang adalah desainer’. Ini tentu ada
benarnya jika menengok kembali kepada luasnya arti kata ‘desain’. Contoh paling
sederhana adalah bila seseorang akan berpakaian sehari-hari. Aktivitas memilih warna
dan model serta memprediksi reaksi orang adalah termasuk kategori mendesain. Dengan
demikian ada banyak peran bagi para ‘desainer’ yang juga termasuk di dalamnya para
profesional yang pekerjaanya tidak melulu berhubungan dengan dunia gambar.
Untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana desain secara luas mempengaruhi
kehidupan kita, Richard Buchanan (Wicked Problems in Design Thinking, 1998)
mempertimbangkan empat area umum desain yaitu: komunikasi visual, obyek materi,
aktivitas dan layanan terorganisasi, serta sistem lingkungan.
Komunikasi visual, selain mencakup pekerjaan tradisional desain grafis, seperti
tipografi dan advertising, produksi buku dan majalah, serta ilustrasi, juga meluas ke
komunikasi lewat fotografi, film, dan televisi.
Obyek materi, selain termasuk pekerjaan memperhatikan bentuk ataupun tampilan
visual dari kebutuhan sehari-hari berupa pakaian, alat-alat rumahtangga, alat-alat lainnya,
mesin-mesin, atau kendaraan, namun juga sudah meluas ke pengertian yang lebih
menyeluruh dan berbeda dari hubungan antara produk dan manusia secara fisik,
psikologi, sosial dan budaya.
Aktivitas dan layanan terorganisasi meliputi pekerjaan tradisional menejemen
terhadap keperluan logistik, mengkombinasikan infrastruktur, instrumen-instrumen, dan
manusia dalam urutan yang efisien dan rencana untuk mencapai tujuan yang ditargetkan.
Namun demikian area ini juga meluas ke pekerjaan membuat keputusan yang logis dan
rencana strategis yang dapat berubah menjadi sebuah eksplorasi dari bagaimana sebuah
rencana dapat membantu tercapainya sebuah proses organis dari pengalaman dalam
situasi konkret, membuat pengalaman-pengalaman menjadi lebih berarti dan memuaskan.
Desain sistem lingkungan merupakan desain sistem yang kompleks seperti
lingkungan untuk hidup, bekerja, bermain, dan belajar. Ini meliputi hal-hal tradisional
berupa arsitektur dan urban planning atau analisis fungsional dari bagian-bagian
kompleks secara keseluruhan dan urutannya secara hierarki. Tetapi, seperti juga tiga area
lainnya, kegiatannya meluas dan mencerminkan kejelasan yang lebih banyak dari ide
sentral, pikiran atau nilai-nilai yang mengekspresikan kesatuan dan fungsi.
DESAIN DAN PERILAKU KONSUMEN
Dalam dunia pemasaran, sebuah iklan pada hakikatnya adalah sebuah interaksi
dengan konsumen tentang sebuah produk. Iklan mendapat perhatian, menyediakan
informasi, menerangkan sesuatu dan memancing orang untuk membeli. Iklan mencoba
menciptakan semacam respon atau reaksi. Dia bicara kepada hati sekaligus kepala dari
khalayak sasaran. Namun iklan adalah salah satu bentuk komunikasi massa yang
karenanya jauh lebih rumit dan lebih tidak langsung dibanding dengan sebuah interaksi
biasa.
Meskipun tergolong sebagai jenis profesi baru yang belum banyak dikenal di
Indonesia, desainer komunikasi visual memiliki peran yang cukup penting dalam
membentuk perilaku konsumtif masyarakat. Ini juga merupakan salah satu yang
membedakan desain komunikasi visual dengan seni dalam arti sesungguhnya, yaitu
menyampaikan pesan lewat karyanya yang berupa akomodasi dari kebutuhan-kebutuhan
kliennya. Bentuk karyanya mungkin terpengaruh oleh rasa estetik atau referensi lainnya
dari sang desainer, namun pesan yang disampaikan haruslah menggunakan bahasa yang
dikenali dan dimengerti oleh khalayak yang dituju. Bahasa yang dimaksud disini
bukanlah semata bahasa verbal namun juga bahasa visual.
Hampir setiap orang yang hidup di perkotaan mendengarkan atau melihat iklan
setiap hari, baik itu disengaja ataupun tidak. Melalui advertising fungsi desainer
komunikasi visual dapat terlihat secara jelas. Pada awalnya iklan, bahkan mungkin
sampai sekarang, masih dikritik sebagai hal yang sia-sia, tidak diperlukan, tidak bisa
dipercaya, dan bahkan dianggap sebagai institusi yang mengganggu. Kritik-kritik tersebut
biasanya berargumen bahwa industri harus menambah biaya dari produk yang
dipromosikan. Sebagian lain yang berpihak juga mengakui validitas alasan tersebut,
namun mereka berpendapat bahwa fungsinya sebagai penarik perhatian konsumen agar
membeli suatu barang atau jasa, iklan memungkinkan produsen menjual produknya
dalam jumlah yang lebih besar daripada sebelumnya sehingga pada gilirannya
peningkatan volume penjualan akan memungkinkan perusahaan untuk menjual barang
per unit dengan lebih murah daripada jika dibandingkan dengan diproduksi dalam jumlah
kecil. Perbedaan pandangan tersebut dapat terjadi pada para pengambil keputusan dalam
satu perusahaan karena mereka berangkat dari asumsi yang berbeda.
Desain yang mampu membentuk perilaku tentunya adalah desain yang mampu
berkomunikasi dengan baik kepada khalayak sasaran dan dikomunikasikan secara tepat
dan konsisten. Untuk mencapai itu, langkah awal yang ideal adalah melakukan studi
tentang khalayak sasaran yang akan dituju. Penentuan khalayak sasaran merupakan upaya
merumuskan apa sesungguhnya permasalahan yang sedang dihadapi oleh produsen.
Pemecahannya amat tergantung pada evaluasi terhadap masalah itu. Farbey (How to
Produce Successful Advertising, 1994) mengklasifikasikan masalah tersebut sebagai
berikut:
– rendahnya kesadaran masyarakat terhadap keberadaan produk
– minimnya pemahaman masyarakat terhadap ciri-ciri dan manfaat produk
– adanya kerancuan antara produk itu dengan pesaing-pesaing
– adanya kelemahan pada sektor pasar tertentu, seperti wilayah yang kurang potensial
atau golongan konsumen yang lemah
– kesadaran terhadap produk tinggi, namun produk itu kurang digunakan
Sementara itu sumber-sumber informasi mengenai masalah tersebut dapat digali
dari: analisis data penjualan, analisis pasar, diskusi dengan wakil pelanggan, analisis
informasi perilaku pelanggan, estimasi pengsa pasar, serta pengadaan penelitianpenelitian
lainnya.
Ada aspek lain yang perlu diperhatikan, yaitu hubungan antara desain dan kondisi
sosial ekonomi masyarakat tertentu. Worsley (Introducing Sociology 2nd ed., 1977)
menyebut sosiologi sebagai studi terhadap ‘masalah-masalah sosial’ yang dapat dijadikan
titik tolak seorang desainer untuk memutuskan metode dan issue yang akan digunakan
untuk mengeksekusi sebuah pekerjaan untuk pengsa pasar tertentu. Lebih lanjut dia
menulis:
“Since sociology emerged largely in the context of movements of reform or
modernisation, we tend to retain nineteenth-century conceptions of social sciences
as the study of ‘social problems’. More than that, we retain nineteenth-century
definition of only certain kinds of issues as social problems; deliquency and crime,
unemployment, disease, malnutrition, poverty, drug addiction, alcoholism,
prostitution, bad housing, sexual deviance, divorce, etc.” (Worsley, 1977:52)
Sayangnya, iklan-iklan di media televisi yang ‘bertema’ sampai saat ini jumlahnya
masih cukup berimbang dengan yang ‘sekedar tayang’. Sebetulnya banyak sekali
masalah-masalah sosial yang dapat diangkat lewat pendekatan yang tepat daripada melulu
hanya menawarkan hal-hal yang sudah terlalu sering diangkat. Seri iklan Coca-Cola
beberapa waktu belakangan ini adalah contoh dari yang cukup berhasil mengangkat tema
yang agak lain, yaitu persahabatan. Apalagi di waktu Indonesia sedang dilanda banyak
perpecahan. Tema itu semakin kuat dengan didukung oleh setting yang ‘sangat
Indonesia’. Sebaliknya dengan beberapa iklan sandal yang berkesan ‘tidak berjiwa’.
Para ahli mungkin saling beradu argumentasi tentang metode-metode baru, namun
kecenderungan yang ada lebih banyak kepada hal-hal mendasar yang telah terbukti
berhasil bertahun-tahun. Hal-hal mendasar tersebut menawarkan lebih banyak uang dan
pekerjaan yang lebih baik, rasa aman dari ketuaan dan penyakit, popularitas dan prestise,
dipuja oleh orang lain, kenyamanan lebih, peningkatan kenikmatan, peningkatan status
sosial, peningkatan penampilan, dan kesehatan yang lebih baik kepada konsumen.
Pengiklan-pengiklan modern menekankan bukan hanya produknya tapi juga keuntungankeuntungan
yang akan dinikmati konsumennya.
Banyaknya cara untuk menarik perhatian konsumen dibatasi oleh kemampuan
berpikir kreatif, juga oleh batasan-batasan jumlah cara untuk berekspresi dalam dunia
periklanan. Mengenai hal ini Ries (The 22 Immutable Laws of Branding, 1998)
mempunyai argumen yang agak berbeda dengan pandangan biro periklanan pada
umumnya mengenai pilihan konsep membangun merek dan memelihara merek. Anggaran
iklan yang besar umumnya diperlukan untuk memelihara merek seperti Coca-Cola atau
McDonald’s, tapi pengiklanan tidak mempu membuat banyak perbedaan dalam
melambungkan merek yang samasekali baru. Ia mengambil contoh The Body Shop yang
dibangun oleh Anita Roddick menjadi merek kuat di dunia tanpa melalui pengiklanan.
Kokohnya merek The Body Shop lebih banyak dikarenakan usahanya untuk memperoleh
publisitas dengan berkeliling dunia dengan membawa ide-ide peduli lingkungan yang
terus disuarakannya. Publisitas diperoleh melalui artikel yang terus-menerus muncul di
koran, majalah, jugawawancara di radio atau televisi. Suatu hal yang masih sulit
diterapkan di negara kita yang kondisi masyarakatnya belum banyak memiliki minat baca
serta belum peka terhadap berbagai persoalan. Media paling efektif sementara ini adalah
televisi yang dulunya termasuk ke dalam kategori barang mewah.
Sementara itu Chandradhy (Strategi Strategi Pemasaran di Indonesia, 1984)
berpendapat bahwa masyarakat pedesaan umumnya bersikap lebih berhati-hati dalam
membeli sesuatu karena pendapatannya yang rendah. Sebagian dari mereka memiliki
pengetahuan serba terbatas, dan biasanya informasi didapat lewat pergaulan dengan para
tetangganya. Informasi ini menambah pengetahuan dan menjadi penentu sikap mereka
terhadap suatu produk tertentu.
Satu teknik dasar dalam advertising terdahulu yang juga masih digunakan dalam
prosedur modern adalah pengulangan (repetition). Hal ini senada dengan pendapat Kuhn
yang dikutip Worsley (1977:43): “What a man sees, depends upon what he looks at, and
also upon what his previous visual-conceptual experience has taught him to see.”
Pengalaman visual-conceptual tersebut dapat terjadi bila pesan yang disampaikan
sangat kuat (memorable). Gambar atau pesan yang kuat dari sebuah iklan akan melekat di
ingatan pemirsanya. Hal ini dapat dijelaskan sebagai berikut. Apabila kita pergi ke
supermarket untuk meluangkan waktu sekitar setengah jam, kita akan melihat ratusan
bahkan ribuan produk. Berikutnya yang akan dilakukan orang pada umumnya
adalahmengambil barang-barang yang pernah dilihat sebalumnya, yang juga berarti ‘yang
memorable’. Dalam hal ini Worsley (1977:45) menulis:
“We carry history around with us, lock up in our heads, and are constantly referring
to it all the time, as historians rightly amphasise. But in acting at any time, we are
also making estimates about the future. We prefigure the outcome in our ‘mind’s
eye.”
Metode pengulangan (repetition) sangat berguna bagi para pemasang iklan. Iklan
dengan kualitas yang rata-rata atau bahkan yang buruk sekalipun dapat bekerja dengan
baik (diingat oleh pemirsa) dengan bantuan cara ini. Contohnya iklan Marcopolo dan
Contrex yang ditayangkan tiga kali berturut-turut dalam setiap pemunculan. Satu contoh
lain adalah lagu baru. Apapun kualitasnya, baik itu penyanyi, musik atau seleranya, orang
kebanyakan akan tetap ingat karena setiap hari dibombardir dengan lagu tersebut lewat
video clip atau bentuk lain di media elektronik.
Yang perlu digarisbawahi adalah seorang desainer harus bekerja sangat hati-hati
dan sebaiknya juga mempertimbangkan kemungkinan-kemungkinan lain yang berkaitan
dengan pekerjaannya. Seorang desainer juga sebaiknya mempu memperkirakan bagaiman
orang akan bereaksi terhadap desainnya, dan hal itu adalah merupakan bagian dari social
action, seperti yang diungkap Worsley:
“Social action, then is action which takes into account, or is affected by, the
existence of others. It involves understanding or interpreting the meaning of their
behaviour – estimating what they are thinking, feeling, and trying to do. We project
ourselves into other people’s minds. And off course, they are doing exactly the
same vis-à-vis our behaviour.” (Worsley, 1977:44)
Seorang desainer adalah orang yang punya kesempatan yang cukup untuk membuat
suatu kreasi yang cukup berpengaruh untuk mengubah perilaku konsumen melalui
karyanya, karena pada saatnya desain itu sendiri akan mengatakan kepada konsumen apa
yang akan mereka peroleh bila memakai produk tertentu. Apa kata orang nanti? Apakah
saya akan kelihatan muda, enerjik dan sportif kalausaya memakainya? Jadi pada dasarnya
sebuah iklan adalah selalu mencoba untuk menjadi semacam pemenuhan kebutuhan
tertentu manusia, misalnya rasa percaya diri tadi. Ini adalah kesempatan bagi desainer
untuk mengangkat opini-opini baru lewat media yang tersedia yang akan berakhir
menjadi perilaku masyarakat, walaupun itu hanya akan terjadi secara perlahan.
Iklan-iklan dalam masyarakat modern dapat menjadi semacam model bagaimana
kelas tertentu dalam masyarakat seharusnya berperilaku dan bergaya hidup. Ya, ini
memang soal gaya hidup. Iklan-iklan yang ditampikan baik di media cetak atau elektronik
umumnya menunjukkan orang-orang atau sebuah keluarga ideal yang bahagia karena
menggunakan suatu produk tertentu, itu semua ditujukan untuk memperdekat hubungan
produk dengan calon konsumen, namun demikian ada satu hal yang perlu diperhatikan
desainer dan pemasang iklan yaitu kejujuran dalam beriklan. Ada norma-norma yang
harus diperhatikan dan juga konsumen untuk dilindungi. Karenanya, kata ‘desain’ sendiri
secara umum dapat berarti merencanakan apapun dengan mengkolaborasikan banyak
aspek berbeda yang mungkin diikutkan untuk memperkaya kehidupan manusia.

 
Leave a comment

Posted by on October 14, 2011 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: