RSS

Pengaruh brand image terhadap keputusan (Review)

07 Nov

Pengarang : Kartono
Tahun : 2007
PENDAHULUAN
Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi dewasa ini, memberikan pengaruh besar terhadap pertumbuhan otomotif. Meningkatnya jumlah kendaraan bermotor diikuti dengan bertambahnya merk dan jenis kendaraan baru tentu menjadi salah satu penyebab perkembangan otomotif diindonesia dan mencerminkan semakin maraknya persaingan dalam dunia industry otomotif. Untuk menghadapi persaingan yang sangat ketat ini ditambah dengan meningkatnya pengetahuan masyarakat, maka para pelaku industri otomotif harus dapat mendefinisikan kebutuhan pelanggan dengan hati-hati dalam merancang produk yang sesuai keinginan dan harapan konsumen.
Desain penambahan atribut, dan fitur teknologi yang menjadi andalan bagi setiap pabrikan otomotif, khususnya sepeda motor harus diperhatikan. Honda dengan inovasi terbarunya mengeluarkan kembali sepeda motor kelas bebek dengan nama Honda Supra X 125R. Fitur teknologi menjadi andalan baru Honda berupa SASS.
Saat ini pasar sepeda motor Honda diindonesia merupakan pasar sepeda motor terbesar ke-3 didunia. Menanggapi hal tersebut untuk memenangkan persaingan pasar, perusahan harus mempunyai stretegi pemasaran yang tepat untuk produknya.diantara sekian banyak strategi pemasaran, perusahaan dihadapkan pada keputusanpemberian merk. Konsumen memandang merk sebagai bagian terpenting dari produk, karena pemberian merk menambah nilai produk. Suatu merk yang kuat dikatakan memiliki kesetiaan konsumen, hal ini diperkuat dengan bukti bahwa konsumen tetap menginginkan suatu merk dan menolak menggantinya walaupun harga produk pengganti dari perusahaan lain lebi murah.
Melaksanakan penelitian ini penulis berharap merek Honda supra X 125R dapat diidentikan memiliki citra yang baik sehingga dapat tersimpan dibenak konsumen yang pada akhirnya dapat menciptakan keputusan pembelian konsumen. Bedasarkan latar belakang diatas maka penulis tertarik untuk mengadakan penelitian dan menyajikan dalam suatu karya ilmiah berupa jurnal dengan judul “PENGARUH BRAND IMAGE HONDA SUPRA X 125R TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELI KONSUMEN PADA PT. MACARONI MANDIRI PERKASA SUBANG

PERUMUSAN MASALAH
1. Bagaimana tanggapan konsumen terhadap brand image sepeda motor Honda supra x 125R
2. Bagaimana keputusan pembelian konsumen terhadap sepeda motor honda supra x 125R
3. Seberapa besar pengaruh brand image sepeda motor Honda supra x 125R terhadap keputusan pembelian pada PT. Marconi Mandiri Perkasa

TUJUAN PENELITIAN
1. Untuk mengetahui tanggapan konsumen terhadap brand image sepeda motor Honda supra X 125R
2. Untuk mengetahui keputusan pembelian konsumen terhadap sepeda motor Honda Supra X 125R
3. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh brand image sepeda motor Honda Supra X 125R terhadap keputusan pembelian pada PT. Macaroni Mandiri Perkasa Subang.
METODELOGI
Jenis data
Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Data primer adalah data yang diperoleh langsung dari responden yang telah mengisi kuesioner penelitian.
Metode Pengumpulan Data
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik kuesioner (angket).
PEMBAHASAN
Berdasarkan analisis hasil penelitian menunjukkan bahwa ekuitas merek pelumas Enduro 4T masih lemah. Hal ini karena elemen-elemen ekuitas merek yang terdiri dari elemen kesadaran merek (brand awareness), asosiasi merek (brand asociation), persepsi kualitas (perceived quality), dan loyalitas merek (brand loyalty) masih rendah. Suatu merek dikatakan
memiliki ekuitas merek yang kuat apabila kesadaran mereknya berada pada tingkatan yang paling atas yaitu top of mind, asosiasi merek yang terbentuk banyak dan membentuk brand image, persepsi kualitas secara keseluruhan baik, dan loyalitas mereknya juga baik berada pada kategori committed buyer.
Keempat elemen utama dalam penelitian ini mempunyai peran yang besar dalam membangun ekuitas merek yang kuat. Elemen-elemen tersebut saling mempengaruhi satu sama lain dalam membentuk ekuitas merek. Semakin kuat masing-masing elemen tersebut, maka semakin kuat pula ekuitas secara keseluruhan. Dimulai dari elemen kesadaran merek, kesadaran merek yang tertanam dibenak konsumen akan menciptakan asosiasi-asosiasi merek yang terkait dengan merek produk tersebut. Asosiasi merek yang telah tercipta akan menjadi persepsi kualitas terhadap merek produk tersebut di mata konsumen. Kemudian persepsi kualitas keseluruhan dari suatu produk akan menciptakan loyalitas terhadap merek produk tersebut. Dengan kata lain, loyalitas terbentuk dari persepsi kualitas, persepsi kualitas terbentuk dari asosasi merek, dan asosiasi merek terbentuk karena adanya kesadaran merek.

HASIL DAN KESIMPULAN
Hasil analisis elemen-elemen ekuitas merek pelumas Enduro 4T dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ekuitas merek pelumas Enduro 4T masih lemah. Hal ini karena elemen-elemen ekuitas merek yang terdiri dari elemen kesadaran merek (brand awareness), asosiasi merek (brand asociation), persepsi kualitas (perceived quality), dan loyalitas merek (brand loyalty) masih rendah.
1. Kesadaran Merek
Kesadaran merek pelumas Enduro 4T belum mencapai tingkat top of mind sehingga kesadaran mereknya masih rendah.
2. Asosiasi Merek
Pelumas merek Enduro 4T memiliki sedikit asosiasi sehingga asosiasi mereknya masih rendah.
3. Persepsi Kualitas
Pelumas Enduro 4T memiliki persepsi kualitas secara keseluruhan yang masih kurang baik sehingga persepsi kualitasnya masih rendah.
4. Loyalitas Merek
Loyalitas terhadap merek Enduro 4T belum mencapai tingkat committed buyer sehingga loyalitas mereknya masih rendah.

 
Leave a comment

Posted by on November 7, 2011 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: