RSS

REVIEW JURNAL”TUGAS SOFTSKILL PERILAKU KONSUMEN”

06 Dec
Nama     : Rival Adhitya Suratman.P
Kelas      : 3EA16

NPM       : 10209397

 

Nama Penulis  : Basu Swastha Dharmmesta – Universitas Gadjah Mada

Judul Review   : Loyalitas Pelanggan: Sebuah Kajian Konseptual, Sebagai Panduan bagi Peneliti

                        Tujuan Penelitian

Sumber Jurnal : Ekonomi & Bisnis Indonesia (1999, Vol 14, No.3,73-88)

 

Masalah / Tema / Topik

Masalah yang menjadi dasar penelitian ini adalah :

  1. Paritas merek (brand parity) menjadi tantangan bagi pemasar untuk mengatasinya.
  2. Loyalitas pelanggan mempengaruhi keputusan pembelian mencerminkan informasi kritis yang dapat mempengaruhi pengembangan rencana dan strategi pemasaran.
  3.  Bagaimana mengidentifikasi pelangga yang loyal pada merek

 Tujuan Penelitian

Pemasar pada umumnya menginginkan pelanggan yang diciptakan dapat di pertahankan selamanya dan, Bagaimana mengidentifikasikan pelanggan yang loyal terhadap merek.

 

Hipotesis

Hipotesis dalam penelitian ini menyatakan bahwa :

Loyalitas pelanggan sebetulnya berasal dari loyalitas merek yang mencerminkan loyalitas pelanggan pada merek tertentu.

 

Metode-metode penelitian

Objek

Merek dan atribut lain yang melekat pada produk

Jenis Data

  • data primer
  • data sekunder
  • pengambilan sampel pada konsumen dengan wawancara

Alat analisis

S1         = b0 + b1Perf1 + b2Et + b3St-1 + Trend + nt

S1             = kepuasan pada periode t

Perf1        = kinerja (perilaku pada tingkat perusahaan)

Et             = pengharapan tentang kinerja pada periode t

St-1          = kepuasan pada periode t-1

Trend     = factor trend standard untuk memperhitungkan perubahan kepuasann dari tahun ke tahun

Nt             = variable random yang terdistribusi secara independen dan identik dengan rata-rata nol dan 

               variable terbatas

 

Teori – teori yang digunakan

1.      Konsep loyalitas pelanggan : Pendekatan attitudinal dan behavioural

2.      Merek dan atribut produk sebagai obyek loyal

3.      Kategori loyalitas

4.      Tahap-tahap loyalitas berdasarkan pendekatan attitudinal dan behavioural

5.      Keteguhan pada merek vs kerentanan berpindah merek

6.      Kualitas produk untuk mengembangkan loyalitas merek

7.      Promosi penjualan untuk mengembangkan loyalitas merek

8.      Pengukuran loyalitas merek

 

Kesimpulan

Loyalitas merek yang dikembangkan mencakup semua aspek psikologis konsumen secara total agar tidak mudah berubah.Pengujian tentang terjadinya loyalitas dengan menghubungkan antara sikap relative dan pembelian ulang dalam kerangka pendekatan attitudinal dan behavorial dapat dilakukan melalui penelitian-penelitian lebih lanjut di masa mendatang. Ini sangat disarankan karena belum banyak penelitian penelitian tentang loyalitas pelanggan di Indonesia.

 

Tanggapan :

Jika suatu perusahaan menginginkan para pelanggannya menjadi loyal terhadap merek perusahaan pada masa mendatang, perusahaan tersebut harus mulai menanamkan loyalitas mereknya.Cara promosi untuk menarik loyalitas pelanggan, tidak hanya perusahaan besar saja yang boleh melakukan promosi. Harus diterapkan pula cara seperti itu pada perusahaan kecil atau perorangan.

Kelemahan      :  jurnal ini hanya menulis bahwa dalam kondisi krisis pemasar harus memberikan perhatian agar tidak terjadi perpindahan merek dan tidak dijelaskan sampai batas mana konsumen yang punya loyalitas merek akan tetap setia dengan merek itu.

Kelebihannya : untuk yang mengembangkan usaha memberi pengetahuan bagaimana cara mempertahankan loyalitas merek. misalnya dengan cara mengembangkan kualitas produknya, dan dengan promosi penjualan.

 

 

 

 
Leave a comment

Posted by on December 6, 2011 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: