RSS

Financial World Flow

12 Mar

Financial World Flow

Begitu banyaknya lembaga keuangan yang ada dan telah kita pelajari hingga saat ini dari lembaga keungan bank maupun lembaga keuangan non bank. Bank dan lembaga keuangan lainnya. Bank dan lembaga keuangan lainnya merupakan salah satu sector yang menjadi pilar bagi perekonomian di suatu Negara, seseorang memandang suatu Negara tersebut bisa dikatakan maju atau berkembang dengan melihat terlebih dahulu sector perbankan dan lembaga-lembaga keuangan lainnya ini. Kali ini saya akan mencoba sedikit membahas dan menjelaskan tentang aliran-aliran dana atau perputaran dana di dalam bank dan lembaga keuangan tersebut, darimana sumber dananya berasal dan kemana dana tersebut disalurkan.
• Bank
Begitu Banyaknya bank yang ada di Negara kita ini, mulai dari yang dimiliki oleh Negara maupun yang dimiliki oleh pihak swasta. Kegiatan operasional dari bank itu sendiri seperti simpan-pinjam. Darimanakah bank tersebut mendapatkan dana untuk membiayai para nasabahnya serta membiayai kegiatan operasionalnya? Sumber dananya tersebut yang utama tentu saja berasal dari para nasabahnya itu sendiri. Owner hanya memiliki andil modal kira-kira sebesar 20% selebihnya nasabahlah yang memegang peranan utama dalam pengadaan sumber dana bagi bank. Dengan mereka menabung di bank tersebut otomatis tabungannya tersebut dapat digunakan oleh bank sebagai sumber dananya. Sumber dana yang berikutnya yaitu potongan administrasi setiap bulannya dari tabungan si nasabah. Semua dana yang di dapatkan oleh bank ini akan digunakan untuk memberikan kredit kepada nasabah-nasabah yang digunakan dengan syarat-syarat tertentu yang telah disetujui bersama dan tentu saja pinjaman tersebut akan dikenakan bunga setiap bulannya sesuai suku bunga yang ditetapkan tersebut. Lalu semua dana inilah yang diputarkan oleh bank dan yang menjadi sumber keuangannya untuk membiayai kegiatan operasionalnya. Contoh lain dari kegiatan bank yaitu pembiayaan KPR(kredit pemilikan rumah), dan pembiayaan kredit kendaraan bermotor (leasing)
• Asuransi
Asuransi adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada tindakan, sistem, atau bisnis dimana perlindungan finansial (atau ganti rugi secara finansial) untuk jiwa, properti, kesehatan dan lain sebagainya mendapatkan penggantian dari kejadian-kejadian yang tidak dapat diduga yang dapat terjadi seperti kematian, kehilangan, kerusakan atau sakit, dimana melibatkan pembayaran premi secara teratur dalam jangka waktu tertentu sebagai ganti polis yang menjamin perlindungan tersebut. Sumber dana yang utama bagi perusahaan asuransi ini yaitu dari pembayaran premi yang diterima hingga mereka harus membayar klaim, uang ini disebut float, lalu dana dari owner sendiri. Sumber dana yang kedua bagi asuransi ialah berasal dari bank dan lembaga peminjaman lainnya. Sebuah perusahaan asuransi harus jeli melihat berapa asset keseluruhan yang ia miliki. Apakah cukup atau tidak untuk menanggung klaim dari para nasabahnya nanti. Sebuah nama perusahaan asuransi tentu saja akan sangat tercoreng jika saat klaim diajukan lalu perusahaan tersebut tidak mampu memenuhi klaim tersebut. Oleh karena itu perusahaan asuransi menyiasati hal tersebut, mereka menggandeng perusahaan asuransi lainnya untuk membiayai klaim tersebut nantinya dengan kesepakatan pembagian premi yang telah mereka sepakati hal ini dinamakan reasuransi, lalu jika perusahaan asuransi yang kedua ini melihat terasa agak berat dalam menanggung klaim yang nanti diberikan maka perusahaan asuransi inipun menggandeng lagi perusahaan asuransi lainnya, hal ini dinamakan dengan retrocessi
• Pasar Modal
Didalam pasar modal ini saya akan membahas sedikit tentang saham dan obligasi.

Saham

Saham adalah satuan nilai atau pembukuan dalam berbagai instrumen finansial yang mengacu pada bagian kepemilikan sebuah perusahaan. Dengan menerbitkan saham, memungkinkan perusahaan-perusahaan yang membutuhkan pendanaan jangka panjang untuk ‘menjual’ kepentingan dalam bisnis – saham (efek ekuitas) – dengan imbalan uang tunai. Ini adalah metode utama untuk meningkatkan modal bisnis selain menerbitkan obligasi. Saham dijual melalui pasar primer atau pasar sekunder. Ada beberapa tipe dari saham seperti saham biasa (common stock) dan saham preferen. Saham preferen biasanya disebut sebagai saham campuran karena memiliki karakteristik hamper sama dengan karakter saham biasa. Biasanya saham biasa hanya memiliki satu jenis tapi didalam beberapa kasus memiliki lebih dari satu, tergantung kebutuhan perusahaan. Saham biasa memiliki beberapa jenis kelas seperti kelas A, B, C, Dan lainnya. Masing-masing kelas berbeda keuntungan dan kerugiannya masing-masing dan symbol huruf tersebut tidak memiliki arti apa-apa.

Obligasi

Obligasi adalah suatu istilah yang digunakan dalam dunia keuangan yang merupakan suatu pernyataan utang dari penerbit obligasi kepada pemegang obligasi beserta janji untuk membayar kembali pokok utang beserta kupon bunganya kelak pada saat tanggal jatuh tempo pembayaran. Ketentuan lain dapat juga dicantumkan dalam obligasi tersebut seperti misalnya identitas pemegang obligasi, pembatasan-pembatasan atas tindakan hukum yang dilakukan oleh penerbit. Obligasi pada umumnya diterbitkan untuk suatu jangka waktu tetap di atas 10 tahun. Misalnya saja pada Obligasi pemerintah Amerika yang disebut “U.S. Treasury securities” diterbitkan untuk masa jatuh tempo 10 tahun atau lebih. Surat utang berjangka waktu 1 hingga 10 tahun disebut “surat utang” dan utang di bawah 1 tahun disebut “Surat Perbendaharaan. Di Indonesia, Surat utang berjangka waktu 1 hingga 10 tahun yang diterbitkan oleh pemerintah disebut Surat Utang Negara (SUN) dan utang di bawah 1 tahun yang diterbitkan pemerintah disebut Surat Perbendaharan Negara (SPN). Obligasi secara ringkas merupakan surat utang tetapi dalam bentuk sekuriti. Penerbit obligasi adalah sipeminjam atau debitur, sedangkan pemegang obligasi adalah si pemberi pinjaman atau kreditur dank upon obligasi adalah bunga pinjaman yang harus dibayar debitur kepada kreditur. Dengan adanya penerbitan obligasi ini maka dimungkinkan bagi debitur untuk memperoleh investasi jangka panjang dengan dana diluar perusahaan. Dengan ini kedua belah pihak sama-sama mendapatkan sebuah keuntungan dengan resiko yang telah dipertimbangkan maing-masing pihak

 
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: