RSS

Efek octane booster

04 Jun

Kian terpaut jauhnya harga bbm bersubsidi dengan partamax akhir-akhir ini cukup membuat kebanyakan orang ketar-ketir. Bagaimana tidak, harga pertamax yang pada saat ini menyentuh angka 9350, bahkan selalu berubah-ubah tiap hari atau minggunya dengan tidak jelas. Dan harga premium yang hanya 4500. Membeli 1 liter pertamax sama dengan kita membeli dua liter premium.

Para pengguna kendaraan-kendaraan bermotor yang mempunyai kompresi mesin yang tinggipun lambat laun mendapatkan efek dari ketidak jelasan harga bbm non subsidi ini. Beberapa orang ada yang memaksakan memilih menggunakan premium untuk motornya yang berkompresi tinggi, padahal kita tahu itu sangat tidak baik untuk mesin, dan akan membuat performa motor turun drastic dan memperpendek umur motor.

Adapula segelintir orang yang mengakali hal ini dengan menggunakan octane booster. Octan booster adalah cairan yang dianggap mampu mendongkrak nilai oktan dari suatu bensin. Karena semakin tingginya harga bensin non subsidi membuat segelincir orang memutar otak. Dan merekapun menggunakan cairan ini sebagai solusinya, karena cara ini yang dianggap praktis

Namun secara umum pemakaian octan booster ini pada premium sendiri tidak akan sebaik jika kita menggunakan pertamax. Karena octan booster rata-rata mampu menaikan 5-10 unit. Sedangkan nilai 1 octane itu sendiri adalah 10 unit. Jadi bila kita menggunakan octane booster pada premium yang mempunyai nilai octane 88, octane pada premium inipun hanya mampu naik hingga 89. Seperti kita ketahui nilai octane dari pertamax sendiri 92, dan pertamax plus 95. Jadi nilai oktan premium yang telah diapakaikan oktan boosterpun masih terpaut jauh.

Pemakaian octane booster inipun akan mempunya efek ke umur komponen-komponen mesin dan juga ruang bakar yang akan menjadi lebih kotor sehingga harus lebih sering lagi di service. Performa motor anda justru juga akan semakin turun dan tentu saja dengan turunnya preforma bensinpun akan menjadi lebih boros.

 
3 Comments

Posted by on June 4, 2012 in Uncategorized

 

3 responses to “Efek octane booster

  1. yusuf

    October 11, 2012 at 3:11 pm

    saya pengguna motor injeksi nih, saya baru mau nyoba oktane booster bentuk pill produk top one, menurut yg punya bengkel justru fungsi oktane booster adalah membersihkan ruang bakar dan meningkatkan performa motor bukan malah menurunkan, bagaimana yang benar?

     
    • rivaladhitya

      October 26, 2012 at 7:48 am

      motor injeksi itu mau yg ber cc 125 ataupun 150 tidak boleh memakai bahan bakar premium, karena bisa merusak injectornya, injector akan kotor. Pertamax aja masih kotor kok apalagi premiumnya ?. oktan booster juga cuma hanya menaikkan nilai oktan sedikit saja. jadi lebih baik untuk motor injeksi minimal gunakan pertamax. yang namanya motor injeksi kalo sudah rusak repot lohh

       
  2. yusuf eko porasetyo

    October 11, 2012 at 3:12 pm

    saya pengguna motor injeksi nih, saya baru mau nyoba oktane booster bentuk pill produk top one, menurut yg punya bengkel justru fungsi oktane booster adalah membersihkan ruang bakar dan meningkatkan performa motor bukan malah menurunkan, bagaimana yang benar?

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: