RSS

Peran Bahasa Dalam Ilmu Pengetahuan

04 Jun

Peran Bahasa Dalam Perkembangan Ilmu Pengetahuan

Tugas softskil bahasa

Nama  :    Rival adhitya sp

Kelas    :    3ea16

Npm    :     10209397

 

Manusia merupakan makhluk social yang berinteraksi dengan lingkungan sekitar, berinteraksi dengan orang-orang banyak. Tidak ada satupun manusia yang tidak berinteraksi satu sama lain. Disini Bahasalah yang memegang peranan dalam proses perinteraksian itu. Bahasa itu sendiri adalah sebuah system lambing bunyi yang arbiter, yang digunakan oleh suatu masyarakat untuk bekerja sama, berinteraksi dan mengidentifikasi diri. Secara singkat berdasarkan uraian diatas kita dapat pahami bahwa hidup kita bila tanpa bahasa maka dipastikan tidak aka nada yang namanya interaksi antara satu sama lain. Tanpa bahasa pula manusia tidak dapat mengenali dirinya. Bahasa memiliki banyak sekali peranan di berbagai bidang.

Bahasa juga merupakan alat pemersatu bangsa, seperti bahasa resmi Negara kita Bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia merupakan banhasa pemersatu bangsa, dari berbagai macam etnis dan suku yang berbeda sampai bergbagai macam latar belakang yang lainnya. Sebuah masyarakat yang berkembang dengan baik bahasanyapun maka akan berkembang dengan baik pula. Dengan demikian bisa dikatakan bahwa bahasa akan berkembang bdengan positif jika masyarakat memberikan perhatian yang positif pula dan akan berbalik menjadi negative jika perhatian diberikan secara negative.

Membahas sebuah peranan bahasa dalam perkembangan ilmu pengetahuan. Di era globalisasi ini dimana ilmu pengetahuan yang berkembang sangat pesat dan berbagai macam teknologi canggih bermunculan. Semua itu tidak akan bisa dicapai jika tidak adanya bahasa, oleh karena itu bahasa juga mempunyai peranan dalam ilmu pengetahuan. Fungsi bahasa sebagai alat interaksi tersebutlah yang tentu saja memberikan kemudahan bagi penyampain informasi itu sendiri yang pada akhirnya membuat berkembangya ilmu pengetahuan dan teknologi. Seperti yang telah kita bahas tadi di atas dunia tanpa bahasa = tidak ada interaksi, tidak adanya interaksi berarti juga tidak adanya teknologi dll.

 
Leave a comment

Posted by on June 4, 2012 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: