RSS

MEMPERSIAPKAN DIRI MENJADI PROFESIONAL DIBIDANG PEKERJAAN YANG DITEKUNI

20 Jan

“Profesionalisme Adalah Tentang Kualitas Diri, Yang Ditampilkan Melalui Perilaku Dan Karakter Kerja, Yang Siap Menjalankan Setiap Proses Kerja Dengan Etis Dan Integritas, Untuk Dapat Meraih Tujuan Secara Berkualitas.” ~ Djajendra

Anda dikatakan profesional bila Anda memiliki pengetahuan khusus yang membuat Anda menjadi seorang ahli; memiliki kompetensi yang membuat Anda terampil secara mental dan pengetahuan; memiliki kejujuran, integritas, dan rasa hormat kepada semua stakeholder; memiliki akuntabilitas di setiap aspek kehidupan; memiliki kemampuan untuk pengaturan diri buat meraih tujuan; serta memiliki gambaran yang jelas tentang visi dan misi yang sedang Anda kerjakan. Intinya, Anda sebagai seorang profesional mampu mengelola semua kemampuan dan potensi diri sendiri, lalu mengikatkan diri secara terfokus kepada upaya peningkatkan kinerja di setiap bidang yang Anda kerjakan.

Profesionalisme tidak sekedar memiliki gelar tinggi atau sertifikasi dibidang pekerjaan, tapi juga cara Anda memancarkan energi baik untuk melayani pekerjaan, dan juga mencakup karakter kerja untuk melayani peran dan fungsi sehari-hari terhadap pekerjaan.

Diperlukan komitmen pribadi yang sangat tinggi untuk mengembangkan dan meningkatkan keterampilan diri, agar diri Anda mampu memiliki kualitas untuk menjadikan Anda seorang profesional dibidang pekerjaan Anda.

Tidak semua pekerjaan mengharuskan seseorang untuk memiliki pengetahuan yang luas, tapi seorang profesional sejati selalu harus mempersiapkan diri, dan berlatih secara terus-menerus, untuk memiliki wawasan terbaik di bidang yang ditekuni.

Seorang profesional sejati tidak boleh membuat alasan untuk mengabaikan tanggung jawab, tetapi harus selalu fokus pada upaya mencari solusi; serta bertanggung jawab penuh atas komitmen, kejujuran, dan integritas yang dijanjikan kepada stakeholder. Termasuk, cerdas mengkompromikan nilai-nilai perilaku kerja dengan diri sendiri dan orang lain, agar nilai-nilai perilaku kerja dapat melakukan hal yang benar sesuai harapan perusahaan.

Jiwa sejati dari seorang profesional sejati adalah rendah hati, dan selalu belajar untuk meningkatkan kualitas keahliannya di sepanjang karir kerjanya. Oleh karena itu, seorang profesional sejati selalu bertanggung jawab atas pikiran, perasaan, dan perilakunya terhadap orang lain. Dia akan menjaga sikap dan kata-katanya, agar selalu dapat menjaga sikap rendah hati dalam hal apa pun.

Profesional sejati tidak akan pernah mau bekerja di bawah tekanan, tapi selalu mempersiapkan diri untuk unggul atas semua tindakan, sehingga dia bekerja untuk mendapatkan reputasi profesional di tempat kerja. Dan juga, selalu sadar untuk meningkatkan profesionalisme melalui peningkatan kualitas kecerdasan emosional diri sendiri, agar diri dapat merasakan kebutuhan emosional orang lain dengan baik.

Seorang profesional sejati selalu sadar diri untuk siap menghadapi situasi dan kondisi seperti apa pun. Dan oleh karenanya, dia akan selalu memiliki perencanaan yang terkalkulasi risikonya sebelum bersikap dan bertindak. Termasuk, memiliki prioritas waktu, perhatian, serta fokus terhadap semua tugas dan tanggung jawab yang dia kendalikan.

Perilaku dan karakter kerja dari seorang profesional sejati adalah selalu ikhlas dan tulus untuk menjaga komitmen, melakukan pekerjaan berkualitas tinggi, memiliki keahlian yang terus diperbaiki dan ditingkatkan kualitasnya setiap hari, dan selalu tidak tergoda untuk bekerja dan berkehidupan di zona kenyamanan.

sumber djajendra-motivator.com

 
Leave a comment

Posted by on January 20, 2013 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: